Gejala Corona Pada Bayi

Mengenali Gejala Corona yang Menjangkit Pada Bayi

Berbagai macam upaya memang telah dilakukan oleh pemerintah guna mencegah persebaran dari virus Corona. Mengingat belakangan ini jika dilihat dari hasil uji atau tes menunjukkan peningkatan yang cukup signifikan terhadap masyarakat yang terjangkit pandemi berbahaya tersebut. Bahkan tidak main-main karena kasusnya menjangkiti semua lapisan masyarakat. Dengan jumlah penduduk yang cukup banyak di Indonesia aka tidak heran jika penanganannya juga kurang optimal. Begitu juga dengan gejala Corona yang sering kali tidak disadari oleh penderitanya.

Memang pada dasarnya jika dilihat gejala virus Corona ini mirip seperti flu biasa, tidak heran jika seandainya banyak yang salah mendeteksi menganggapnya sebagai penyakit ringan, padahal sebenarnya adalah virus berbahaya yang sedang menyerang tubuh. Mengingat penularan dari virus ini terbilang cukup cepat dan bisa terjadi pada setiap orang. Mulai diantaranya adalah orang dewasa, lansia sampai dengan bayi sekalipun juga bisa terkena Covid 19.

Gejala Corona Pada Bayi

Untuk itulah bagi Anda yang masih memiliki anak kecil atau bayi maka patut untuk berhati-hati, jangan sampai buah hati tercinta nantinya terjangkit Covid 19 tersebut. Adapun setidaknya para orang tua harus mengenali beberapa gejala Covid 19 yang biasanya terjadi pada bayi sehingga bisa mendapatkan pertolongan secara optimal, yaitu:

  1. Demam tinggi, ketika anak Anda mengalami demam tinggi, maka segera cek suhu tubuhnya, karena ini adalah tanda tubuh tengah terkena serangan virus dan kekebalan tubuh atau sistem imuns tengah mencoba untuk melawannya. Suhu tubuh penderita Covid 19 ini biasanya di atas angka 38 derajat Celcius.
  2. Batuk, gejala lainnya yang menyertai adalah batuk, hanya saja batuk yang dirasakan juga berbeda dengan batuk pada kebanyakan orang, karena ia cenderung mengalami batuk kering, bukan jenis batuk berdahak, sehingga harus diwaspadai.
  3. Sesak napas, jika pada penderita flu biasa tubuh hanya mengalami demam dan juga flu atau batuk maka berbeda dengan gejala Covid 19, diantara yang membedakannya adalah penderita sering kali mengalami sesak napas, sehingga pada bagian dada juga akan terasa tertekan dan kesulitan untuk bernapas.
  4. Bayi menjadi tidak mau menyusu, artinya memang selera atau nafsu makan mereka turun, sehingga pada bayi yang masih dalam usia menyusu membuat mereka tidak mau menyusu kembali.
  5. Lemas, tubuh bayi yang terkena Covid 19 ini akan menjadi lemas, dari yang biasanya begitu aktif sekarang menjadi pasif.
  6. Diare, pada sebagian besar anak-anak yang terkena virus Corona juga akan membuat mereka mengalami masalah pencernaan, dimana kondisi feses menjadi cair dan lebih sering buang air besar. Hanya saja tidak seperti diare pada umumnya.
  7. Rewel, ketika buah hati Anda rewel artinya sedang ada yang tidak beres dengan tubuh mereka, termasuk diantaranya adalah karena serangan atau infeksi virus tersebut, jadi susah untuk ditidurkan dan juga sering kali menangis.

Jika sudah merasakan gejala Corona di atas maka alangkah baiknya bagi Anda untuk segera berobat. Hubungi dokter sesegera mungkin atau datang ke rumah sakit. Sebaiknya juga ibu segera memeriksakan diri karena ditakutkan sebenarnya Anda juga terpapar oleh virus tersebut, hanya saja tidak merasakan gejalanya. Sekarang ini di Indonesia ada banyak sekali diantara rumah sakit yang sudah ditetapkan sebagai rujukan pengobatan, sehingga nantinya tidak perlu lagi khawatir jika mengalami kondisi semacam ini, karena bisa langsung berobat.