Categories: Kesehatan

5 Cara Mengusir Lalat dan Membuat Perangkap yang Efektif

Cara Mengusir Lalat Yang Efektif – Di mana pun berada, rumah yang terlalu banyak lalatnya itu akan membuat terkesan kumuh dan jorok. Betul, kan? Padahal belum tentu kan ya, bisa jadi rumah tersebut sudah berperabot lengkap plus didesain bagus. Ketika kita melihat banyak sekali lalat-lalat bertandang, image kita akan berpikir seolah keindahan rumah jadi terganggu sampai 80%. Untuk mengatasi masalah tersebut, kami punya tips yang bagus untuk mengusir dan ini saya kira wajib anda coba terapkan 5 cara mengusir lalat ini sesegera mungkin untuk melihat hasilnya.

Cara Mengusir Lalat dan Membuat Perangkap

Pakai Perangkap Lalat dengan Lem

Apa sih lem yang efektif bisa memerangkap lalat dalam jumlah banyak? Di pasar-pasar lumayan banyak yang jual lem lalat. Biasanya berwarna cokelat dan berukuran A4. Tapi Anda juga bisa bikin perangkap sendiri. Gunakan bahan dari sedotan berbahan plastik, gula, air bersih, madu, panci & kompor, gelas kecil, dan kuas. Jangan sampai keliru ya, soalnya ada juga loh lem yang khusus buat tikus.

Cara membuatnya dengan memasak gula, air bersih, serta madu bersama-sama. Setelah tercampur, matikan matinya. Ambil sedotan dan lumuri dengan lem buatan Anda tadi. Masukkan pasir ke dalam gelas kecil. Lalu tancapkan sedotan tadi agar menghunjam pasir. Agak manipulatif memang. Tapi terbukti berhasil meski menggunakan bahan alami.

Gunakan Perangkap Menggunakan Botol

Alat serta bahan yang perlu Anda persiapkan antara lain pisau, botol bekas air mineral, plastik bening kecil, air, serta karet. Cara membuatnya, mula-mula Anda buka penutup botol dulu. Bagi botol jadi 2 bagian. Pastikan bagian bawah lebih tinggi dibanding bagian atas. Tutup botol pakai plastik bening yang diikat dengan karet.

Selanjutnya, buatlah lubang kecil di area permukaan (plastik). Area tersebut nantinya bisa menjadi jalan masuk untuk lalat-lalat yang tertarget. Kemudian taruh buah manis ke dalam bagian bawah botol. Tuang air seperlunya saja. Masukkan potongan botol bagian atas ke bagian bawah botol dalam keadaan terbalik. Tempatkan perangkap ini di tempat yang biasa disambangi lalat.

Pakai Aroma Jahe

Bukan hanya bisa digunakan untuk memasak, jahe juga bisa membuat lalat-lalat jadi kabur. Tak apa jika mereka tidak terperangkap. Asalkan rumah bersih dan terhindar dari lalat-lalat yang bertandang. Cara mengusir lalat ini sudah terbukti efektif. Hanya dalam waktu sebentar, efeknya bisa langsung kelihatan. Tapi, pastikan jahe yang beraroma, ya.

Caranya dengan mencampurkan air dan jahe kering. Dalam hal ini, sebaiknya gunakan jahe bubuk jika tak menemukan yang hasil cabutan. Lalu masukkan ke botol semprotan. Begitu lalat bertandang, semprot mereka. Usir sampai tiada lalat yang bertandang lagi. Jika belum berhasil, bisa menggunakan cara-cara lain yang disebutkan dalam artikel ini.

Pakai Air Cuka

Siapa yang tahan jika mencium air cuka dalam waktu lama? Pasti tidak ada. Iya, kan? Air cuka ini selain menyengat juga sangat ampuh mengusir lalat karena menimbulkan bau menyengat. Lalat-lalat itu tidak suka. Mereka cenderung suka yang amis-amis. Tak heran jika lantai keramik yang baru dipel dan berbau amis, lalat-lalat langsung datang mengerubung.

Untuk menerapkan cara keempat ini, silakan siapkan bahan-bahan seperti merica, minyak kayu putih, air garam, serta cuka. Lalu campurkan mereka ke dalam botol bercorong. Lalu tutup botol serta kocok-kocok hingga tercampur. Jika ada area yang sering dihinggapi lalat, aplikasikan campuran air cuka ini.

Bersihkan Rumah dan Pakai Aroma Penyegar Ruangan

Lalat itu paling anti terhadap rumah bersih. Apalagi kalau ditambah dengan aroma penyegar ruangan. Biarpun rumah Anda semewah Gedung Putih, kalau masih ada bau amis-amisnya, pasti bisa mengundang banyak lalat. Akhirnya rumah mewah Anda kurang berkesan lagi.

Penerapan cara mengusir lalat serta membuat perangkap seperti di atas tidak sulit, kan? Saat ini juga bisa Anda praktikkan di rumah. Memangnya, apa sih dampak buruk yang ditimbulkan oleh lalat-lalat? Yang pasti lalat bisa menjadi sumber penyakit. Sebab hanya dalam waktu 24 jam saja, mereka bisa melahirkan sekaligus menetaskan telur sebanyak 100.

admin

Recent Posts

  • Life Style

Rekomendasi Shampoo Untuk Rambut Kering Terbaik

Shampoo untuk rambut kering - Rambut kering jadi salah satu permasalahan yang kerap dialami baik laki- laki ataupun perempuan. Perawatan…

2 jam ago
  • Otomotif

Mengapa Perlindungan Asset Berharga Itu Diperlukan?

Aset, apa pun bentuk dan jenisnya, tak akan pernah bisa lepas dari kehidupan manusia. Hidup itu perlu aset. Ketika mengajukan…

4 minggu ago
  • Keluarga
  • Wisata

4 Hotel di Bandung Untuk Keluarga

Rekomendasi Hotel di Bandung Untuk Keluarga Hotel di Bandung Kota - Hotel di Bandung Untuk Keluarga, Bandung merupakan ibukota Jawa…

1 bulan ago
  • Custom Emoney Mandiri

Bingung Pembayaran Saat lewat Tol? Custom Emoney Mandiri Solusinya

Custom Emoney Mandiri - Bagi anda yang memiliki yang namanya kendaraan pribadi sebuah mobil ataupun yang lainnya kini kami memiliki…

2 bulan ago
  • Kesehatan

Apa Virus Meningitis ? Kenali Penyebab dan Cara Obati Meningitis

Apa Virus Meningitis ? Kenali Penyebab dan Cara Obati Meningitis - Selamat malam dimanapun anda berada. Prosafe.co.id hari ini akan…

2 bulan ago
  • Elektronik

Power Bank Minimalis, Nikmati Keunikan dan Kegunaannya

Power bank minimalis - KLIK USB toko online yang menjual berbagai jenis power bank minimalis yang menarik dan juga dengan…

2 bulan ago