Categories: Keluarga

Arti Bunda Literasi

Bunda literasi senantiasa akan konsentrasi pada bidang program pengembangan budaya baca dan pemberdayaan perpustakaan. Salah satu bukti konkritnya yakni melalui pengembangan perpustakaan selaku sarana belajar yang mempunyai fungsi edukatif, fungsi informatif, fungsi rekreatif, riset dan juga sebagai fungsi penelitian.

Keluarga selaku salah satu unit terkecil yang terdapat di masyarakat tentu akan sangat mampu menjadi motor penggerak untuk menghidupkan budaya literasi. Pada level terkecil, keluarga menggambarkan sesuatu cikal bakal pembelajaran utama dalam memicu pola pertumbuhan anak baik dari aspek intelektual, emosional, ataupun spiritual.

Bunda Literasi

Tak dapat dipungkiri kalau di tengah era milenial ini kemudahan akses data serba online, hingga kita pun butuh akan kontrol serta bimbingan orang tua kepada putra putri nya supaya di harapkan akan mampu lebih fokus pada proses belajar membaca.

Secara bahasa, literasi merupakan keberaksaraan, yakni kemampuan menulis dan membaca. Literasi adalah sebuah kualitas atau kemampuan melek huruf (aksara) yang di dalamnya termasuk pada kemampuan individu untuk membaca dan menulis, bisa menyaring informasi yang beredar apakah hoax atau fakta. Literasi merupakan istilah umum yang mengacu kepada seperangkat kemampuan dan keterampilan individu dalam membaca, menulis, berbicara, menghitung dan dapat menjadi pemecahan masalah pada tingkat keahlian tertentu yang diperlukan di dalam kehidupan bermasyarakat. Sehingga, literasi tidak bisa dilepaskan dari kemampuan berbahasa.

Gerakan Bunda Literasi

Gerakan literasi secara esensinya dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Literasi memberikan pilihan informasi dibutuhkan masyarakat. Dengan membaca, akan memahami dan mengaplikasikan di kehidupan sehari-hari.

Program bunda literasi yang sudah berjalan diantaranya yakni pojok baca yang sudah diterapkan di masyarakat, baik itu yang ditempatkan di rumah maupun di posyandu.

Bunda Literasi akan menjadi pembela dan pejuang membaca di seluruh nusantara. Gerakan budaya membaca bukanlah hanya tugas pemerintah. Tetapi ini semua merupakan tugas semua komponen lapisan masyarakat. Untuk itulah tugas mulia bunda literasi ini harus sering kita gelorakan. Masyarakat juga harus terlibat untuk membudayakan membaca hingga ke desa-desa dan tingkat RT/RW.

Demikian informasi tentang Bunda Literasi yang admin sampaikan, semoga bermanfaat dan ada kita semua menjadi tahu apa itu bunda literasi. Jangan lupa bagikan informasi ini untuk kerabat, saudara dan teman teman yang lainnya.

admin

Recent Posts

4 Dosen IPB Terbaik dan Berprestasi pada Tahun 2019

Menjadi yang terbaik tentu tidak mudah. Apalagi jika berkaitan dengan sumbangsih pada negara berupa inovasi di lini penting seperti pertanian,…

35 menit ago

Tangkap Momen Penting Bersama Keluarga dengan Oppo A9 2020

Menurut Anda, apa makna terpenting dari kebersamaan keluarga? Kehangatan, kepedulian, dan kasih sayangkah? Lalu, bagaimana jika suatu hari momen kebersamaan…

1 bulan ago

Hotel Murah Daerah Surabaya Barat

Hotel Murah Daerah Surabaya Barat - Saat sebelum admin membahas hotel surabaya, lebih- lebih buat penginapan ekonomis wilayah surabaya barat,…

2 bulan ago

Bagaimana Cara Top Up E Money ?

Bagaimana Cara Top Up E Money ? Simak jawabannya di dalam artikel berikut ini . Keberadaan E money saat ini…

2 bulan ago

Apakah Kartu Debit Sama Dengan Kartu ATM

Pertanyaan dari salah seorang pengunjung blog ini berkata "apakah debit card sama dengan kartu ATM?" begitu dia bilang. Sebelum menjawab…

3 bulan ago

Rekomendasi Shampoo Untuk Rambut Kering Terbaik

Shampoo untuk rambut kering - Rambut kering jadi salah satu permasalahan yang kerap dialami baik laki- laki ataupun perempuan. Perawatan…

4 bulan ago